Posted on

Contoh Lemari Wine

Contoh lemari wine yang bisa anda buat sendiri dengan berbagai ukuran, bentuk, jenis bahan dan desain. Cocok juga untuk dekorasi rumah.

Contoh Lemari Wine Kreasi Sendiri

Artikel ini membahas tentang beberapa contoh lemari wine yang bisa anda buat sendiri dari bahan kayu atau besi. Anda bisa mengerjakannya sendiri atau pesan dari tukang kayu atau tukang las.

Seperti apa pun desain yang anda buat, pastikan botol wine diletakkan horizontal dan bukan tegak. Setidak-tidaknya posisi botol harus miring sedemikian rupa sehingga tutup botol selalu basah. Ini penting karena tutup botol yang basah akan mencegah masuknya udara melalui pori-pori tutup botol.

 

Contoh Lemari Wine Standard

Contoh pertama adalah lemari wine dengan bentuk seperti rak buku. Lemari wine seperti ini dibuat dari bahan kayu dan bisa memuat banyak botol. Lemari wine seperti ini lebih cocok untuk toko wine, hotel atau restoran karena wine sebanyak gambar di atas rasanya terlalu banyak untuk konsumsi sendiri.

 

Contoh Lemari Wine Lipat dari Papan Bekas

Contoh kedua adalah lemari wine yang dibuat dari papan bekas, didirikan dengan bentuk V terbalik. Beri lubang dengan ukuran sedikit lebih besar daripada leher botol.

Lemari seperti ini memberi kesan sederhana, casual dan natural. Lubang-lubang yang sengaja tidak diisi botol wine justru akan memberikan estetika tambahan. Bila tidak digunakan, lemari ini bisa dilipat dan disimpan di tempat lain.

 


Contoh Lemari Wine Lipat

 

Contoh ketiga adalah lemari yang bisa dilipat. Lemari ini bisa digantung di dinding, diletakkan di atas meja atau lemari lain.

Cara membuatnya sedikit lebih sulit daripada contoh sebelumnya. Sebaiknya anda pesan dari tukang kayu karena lemari  ini memerlukan lebih dari sekedar melubangi dan memaku. Pastikan bahwa lubang tempat botol memiliki diameter yang agak besar supaya bisa memuat segala bentuk botol wine.

Contoh Lemari Wine Artistik

Contoh keempat bentuknya lebih artistik. Lemari ini dibuat dari kayu dan besi. Anda bisa mencoba membuatnya sendiri, tapi kami sarankan anda pesan dari tukang kayu professional saja.

Contoh Lemari Wine Vertical dari Besi

Contoh kelima adalah lemari wine yang dibuat dari besi. Konsepnya sederhana; beberapa frame dari besi dilas ke sebatang besi tegak lurus. Frame diatur dalam posisi datar untuk menampung botol wine, tapi tidak 100% tegak lurus antara satu sama lain. Masing-masing frame memiliki lubang yang ukurannya pas untuk menyangga body botol wine.

Pastikan bahwa lemari wine ini berada di tempat yang tidak memungkinkan untuk kena senggol.

Catatan:

Contoh lemari wine di atas tidak kami anjurkan untuk anda yang ingin simpan wine dalam waktu lama (koleksi). Bila anda ingin simpan wine dalam waktu lama, kami sarankan anda pakai wine cooler saja supaya suhu dan kelembabannya teratur.