Posted on

Manfaat Red Wine

Manfaat red wine ternyata bukan untuk kesehatan saja. Artikel ini membahas tentang berbagai manfaat lainnya yang juga bisa anda nikmati.

Berbagai Manfaat Red Wine

manfaat red wine
Bila dikonsumsi secara benar (tidak berlebihan), maka red wine punya berbagai manfaat.

Manfaat Kesehatan (dikutip dari www.WineSpectator.com)

  • Hasil penelitian University of Copenhagen’s Department of Public Health menyatakan bahwa tingkat kematian penderita Alzheimer ringan bisa berkurang secara signifikan bila pasien minum 2 – 3 gelas red wine setiap hari. Hasil penelitian ini dipublikasikan tahun 2016.
  • Hasil penelitian Department of Hematology, Wendeng Central Hospital of Weihai, China yang dipublikasikan di International Journal of Clinical and Experimental Medicine menyatakan bahwa kandungan resveratol dalam red wine bisa membantu memerangi leukima.
  • Hasil kerja sama penelitian yang dilakukan oleh University of East Anglia dan Harvard University menyatakan bahwa kandungan anthocyanins dalam red wine bisa mengurangi resiko impotensi. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition edisi Januari 2016.
  • Hasil kerja sama penelitian yang dilakukan oleh National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI) dan National Cancer Institute menyatakan bahwa minum red wine secara teratur bisa menurunkan resiko Diabetes Type 2. Manfaat red wine ini dipublikasikan dalam Annals of Internal Medicine edisi September 2011.
  • Penelitian yang dilakukan oleh Andrea Braakhuis dari University of Auckland menyatakan bahwa kandungan flavonoids dalam red wine bisa meningkatkan daya tahan tubuh terhadap flu. Hasil penelitian ini dipublikasikan tahun 2015 .
  • Hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ronald Klein dari Wisconsin’s Department of Ophthalmology and Visual Sciences menyatakan bahwa mengkonsumsi red wine secara teratur bisa mengurangi resiko menurunnya kesehatan mata.
  • Hasil penelitian yang dilakukan Nofer Institute of Occupational Medicine in Lodz, Poland menyatkan bahwa mengkonsumsi red wine secara teratur bisa meningkatkan kualitas sperma. Hasil penelitian ini dipublikasikan di Systems Biology in Reproductive Medicine tahun 2013.

Beberapa pakar percaya bahwa berbagai manfaat tersebut di atas bisa lebih terasa bila wine yang dikonsumsi adalah wine organik.

Manfaat Kuliner

Pecinta kuliner sangat menghargai manfaat dari red wine; yaitu membuat makanan terasa lebih nikmat. Pengetahuan tentang wine mana yang bisa membuat makanan jadi terasa lebih nikmat adalah salah satu aspek dalam “food pairing”.

Contohnya mi goreng terasa lebih nikmat kalau dinikmati bersama De Bortoli Sacred Hill Traminer Riesling dari Australia. Roast duck terasa lebih nikmat bersama Kaiken Malbec dari Argentina. Deetlefs Chenin Blanc dari South Africa membuat sushi terasa lebih nikmat.

Untuk mendapatkan manfaat kuliner yang maksimal dari red wine, anda bisa mempergunakan beberapa tips untuk food pairing sebagai berikut:

  • Light Red (Pinot Noir, Gamay, St. Lauren, Zweigelt) : roasted vegetables (tomat, terong, kacang panjang, dll), sea food (kepiting, udang, kerang, dll), white meat (ayam, bebek, kalkun, dll), cured meat.
  • Medium Red (Merlot, Sangiovese, Tempranillo, Grenache, Zinfandel) roasted vegetables, red meat (beef, lamb, mutton, dll), cured meat.
  • Bold Red (Cabernet Sauvignon, Malbec, Syrah) : red meat, cured meat (bacon, ham, chorizo, sausage, dll).

Manfaat Networking

Wine bukanlah minuman orang susah. Bila anda tahu banyak tentang wine, orang akan menganggap anda “berkelas” dan punya aura “sukses”. Mereka akan senang bila anda masuk dalam lingkungan pergaulan mereka.

Pengetahuan anda tentang wine bisa saja menjadi salah satu topik pembicaraan dalam lingkungan pergaulan tersebut. Mungkin anda bisa memulainya dengan bercerita tentang manfaat red wine yang selama ini anda rasakan untuk kesehatan anda (pembicaraan apa pun yang berhubungan dengan kesehatan biasanya bisa diterima oleh siapa saja).

Bahkan kalau anda adalah seorang pemula, anda masih tetap bisa merasakan manfaat dari segelas red wine yang dihidangkan dalam acara gathering atau networking. Segelas red wine cukup untuk membuat anda merasa lebih santai dan percaya diri. Ini akan memberikan kesan yang baik ketika anda berkenalan dengan orang baru. Bila anda santai dan percaya diri, maka anda bisa mengobrol tentang apa pun, bukan?

Manfaat Romance

Manfaat red wine juga bisa anda rasakan pada momen-momen romantis.

Hal ini bisa terjadi karena kandungan ethanol dalam red wine bisa merangsang hypothalamus untuk merasakan peningkatan libido, selera makan dan juga rasa hangat. (Hypothalamus adalah bagian otak yang berfungsi untuk mengatur kadar hormon, temperatur tubuh, rasa lapar dll).

Selain ethanol, berbagai aroma yang terkandung dalam red wine juga meningkatkan mood untuk suasana romantis. Aroma musk, kayu, licorice (akar manis), tanah dan cherry biasanya membangkitkan mood para wanita. Sedangkan mood para pria biasanya bangkit karena aroma lavender, karamel, orange, vanilla, licorice dan mentega.

Jadi bila anda ingin menikmati manfaat red wine dalam kemesraan anda dengan pasangan, anda bisa pilih wine romantis yang sudah kami sediakan.