Posted on

Kumpulan Wine Unik Dari Seluruh Dunia

Inilah kumpulan wine unik dari seluruh dunia. Apa saja yang membuat kumpulan wine ini menjadi unik? Penasaran mau tahu? Baca sekarang.

Kumpulan Wine Unik

1. Blue Wine

Blue Wine-Kumpulan-Wine-Unik

Biasanya wine memiliki warna merah, keemasan atau pink. Tapi sejak 2016, Gik; sebuah perusahaan wine dari Spanyol mulai memasarkan wine berwarna biru! Pembuatnya adalah sekumpulan anak muda yang bertekad menciptakan wine baru yang lain daripada yang lain.

Wine ini dibuat dari campuran anggur red wine dan white wine. Warna birunya berasal dari campuran anthocyanin (pigmen yang ada pada kulit anggur) dan pewarna organik. Wine ini juga menggunakan perasa organik yang membuatnya menjadi manis.

Tidak semua pecinta wine sejati menyukai wine ini karena tekstur, rasa dan warnanya sama sekali tidak seperti wine yang sudah ada. Tapi karena harganya murah (sekitar £8 atau setara dengan Rp 130ribuan) dan rasanya yang seperti syrup, “wine” ini mungkin cocok untuk pemula.

2. Wine (Botol) Gepeng

Flat Wine

Sampai tahun 2016, orang hanya mengenal botol wine seperti yang ada dalam artikel bentuk dan ukuran botol wine. Tapi sejak tahun 2017, Garçon Wines memasarkan wine dengan botol gepeng! Botolnya terbuat dari bahan plastik keras dan bisa masuk ke dalam kotak surat.

Selama ini botol wine biasa sering pecah dalam pengiriman atau tidak muat dalam kotak surat (kalau tidak dimasukkan dalam kotak surat maka bisa hilang diambil orang lain!) Dengan botol wine model baru ini proses pengiriman wine menjadi lebih aman dan mudah.

3. Kumpulan Wine Sempurna

Ada banyak faktor yang berperan dalam menentukan kualitas sebotol wine; mulai dari terroir (kondisi tanah), cuaca, waktu panen buah (pagi, siang atau malam), cara panen (pakai tangan atau mesin), lamanya fermentasi, teknik yang digunakan, dll. Karena itu wajar bila membuat wine kualitas wine top sangatlah sulit.

Sebagai contoh, buah anggur yang sama bila dipanen dalam waktu berbeda 1 minggu saja bisa menghasilkan rasa yang berbeda!

Tapi nyatanya ada juga wine yang kualitasnya bukan saja “top”, tapi malah dianggap “sempurna”.

Château Lafite Rothschild 2003, Château  Montrose 2010 dan Château Haut Brion 2010 termasuk termasuk dalam kumpulan wine unik karena dianggap “sempurna”. Ketiga produk dari Perancis ini mendapat skor 100 dari Robert Parker; pakar wine paling berpengaruh di seluruh dunia.

Dengan kualitas yang “sempurna”, wajar bila wine seperti ini harganya mahal sekali.

4. American Champagne

Korbel Extra Dry

Nama Champagne hanya boleh dipakai oleh sparkling wine ekslusif dari sebuah wilayah bernama Champagne di Perancis. Sebagus apa pun kualitasnya, sparkling wine dari luar Champagne tidak boleh menggunakan nama “Champagne”.

Begitu ekslusifnya nama “Champagne” sampai Comité Interprofessionnel du Vin de Champagne pun pernah menuntut Apple pada tahun 2013 karena menggunakan nama “Champagne” pada warna iPhone 5s!

Tapi nyatanya ada juga “Champagne” dari Amerika; contohnya Korbel dan Miller High Life.

Mengapa bisa begitu?

Menurut sejarah, pada tahun 1919 negara-negara Eropa menandatangani Treaty of Versailles yang didalamnya juga mengatur tentang penggunaan nama “Champagne”. Amerika tidak ikut menandatanganinya sehingga merasa bebas menggunakan “Champagne” pada sparkling wine buatannya.

Setelah melalui banyak perdebatan, akhirnya pada 2006 disepakati bahwa hanya beberapa sparkling wine Amerika yang dibolehkan menggunakan nama “Champagne” dengan disertai keterangan lokasi asal (contohnya “Champagne California”). Selain itu tidak boleh ada sparkling wine lain yang menggunakan nama “Champagne”.

Apakah anda tahu wine lainnya yang pantas untuk masuk dalam daftar kumpulan wine unik ini?