Posted on

Contoh Red Wine Manis

Contoh red wine manis khusus untuk orang berduit. Apa yang membuatnya istimewa? Seperti apa rasanya? Berapa harganya?

Contoh-Red-Wine-Manis-Mahal

Contoh Red Wine Manis Yang Mahal

Contoh red wine manis yang mahal adalah Dow’s 30 Years Old Tawny Port. Rasanya mantap dan kompleks dengan perpaduan rasa kurma, buah ara, kesemek, kismis, toffee, praline, jahe dan jeruk nipis. After taste-nya terasa lama di lidah dengan acidity yang pas.

Contoh Box Red Wine Manis Mahal
Dow’s 30 Years Old Tawny Port dikemas dalam kotak ekslusif

Produk ini adalah salah satu produk andalan Dow’s yang dimiliki oleh keluarga Symington sejak abad XIX. Harganya Rp 3.367.750,- per botol sehingga tidak semua orang mampu untuk membelinya. Tapi bila anda berminat karena sudah tahu cara memilih wine dan memang mampu untuk membeli, maka anda bisa beli di sini.

Beberapa hal yang membuat red wine Portugal ini istimewa adalah sebagai berikut:

1. Proses Pembuatannya

Contoh-Label-Box-Red-Wine-Manis-Mahal
Tulisan di box

Dow’s 30 Years Old Tawny Port adalah versi premium dari Fine Tawny Port. Bedanya adalah pembuatan 30 Years Old ini memerlukan waktu fermentasi sampai 30 tahun dalam gentong kayu. Setelah itu, hanya sekitar 6 – 7 gentong yang isinya dimasukkan dalam botol untuk dirilis ke pasaran.

Contoh-Red-Wine-Manis-Yang-Mahal

Karena proses fermentasi yang sangat lama dan jumlahnya yang sedikit, maka wajar bila harga produk ini mahal dan tidak semua orang sanggup beli.

2. Rating dari Pakar Wine Kelas Dunia

Para pakar wine kelas dunia sepakat dan mengakui bahwa memang Dow’s 30 Years Old Tawny Port memiliki kualitas yang sangat tinggi. Rating yang mereka berikan secara independen adalah berikut:

Contoh-Label-Box-Red-Wine-Manis-Mahal
Ilustrasi pada box
  • Wine Spectator 95: Classic; a great wine
  • Robert Parker 95: Outstanding
  • Wine Enthusiast 94: Excellent. Extremely well made and highly recommended
  • Decanter 92: Highly Recommended

3. Tahan Sampai 2 Bulan Setelah Dibuka

Wine langsung mengalami proses oksidasi begitu tutup botolnya dibuka. Oksidasi ini merubah rasa dan aroma wine; biasanya akan jadi lebih enak, tapi setelah itu mulai berkurang. Dalam 2 – 3 hari biasanya wine yang sudah dibuka akan rusak.

Meskipun demikian, dari antara berbagai jenis red wine yang ada, Port adalah contoh red wine manis yang paling tahan lama. Dow’s Fine Tawny Port awet sampai 30 hari setelah botol dibuka. Dow’s 30 Years Old bahan lebih awet lagi karena tidak rusak biar pun sudah 60 hari dibuka!

Buat anda yang ingin merasakan manfaat red wine, produk ini sangat cocok! Anda bisa minum 1 sloki saja per hari tanpa perlu khawatir bahwa sisanya akan segera jadi rusak.

Posted on

Jenis Red Wine Yang Manis

Jenis red wine yang manis itu apa saja? Jenis mana yang paling cocok untuk anda? Apakah bisa dibeli di Indonesia?

Beberapa Jenis Red Wine Yang Manis

Berdasarkan pengalaman kami jual wine online sejak 2011, kebanyakan orang Indonesia memang menyukai sweet wine. Meskipun demikian, tidak semua yang ingin beli wine mengetahui apa saja jenis red wine yang manis yang bisa mereka beli di Indonesia.

Jenis-Red-Wine-Yang-Manis
Dow’s Fine Tawny Port

Secara garis besar, jenis red wine yang manis bisa dibagi menjadi 2 kelompok besar sebagai berikut:

Fortified Sweet Red Wine

Fortified wine adalah wine yang kadar alkoholnya lebih tinggi ( 17% – 20%) daripada wine biasa (10% – 15%). Biasanya hal ini terjadi karena penambahan brandy ke dalam wine yang sedang mengalami fermentasi. Fortified wine adalah still wine alias tidak memiliki gelembung seperti sparkling wine.

Jenis Red Wine Yang Manis Late Bottled Vintage Port
Dow’s Late Bottled Vintage

Kebanyakan fortified wine termasuk dalam jenis red wine yang manis. Contohnya adalah Madeira, Marsala, Port, Sherry, dan Vermouth. Yang paling mudah ditemukan di Indonesia adalah Port.

Port wine berasal dari Portugal, lebih tepatnya di Lembah Douro di sebelah utara negara itu. Biasanya Port dinikmati sebagai Dessert Wine. Merk Port Wine yang kami rekomendasikan adalah Dow’s, yang dikelola turun temurun oleh keluarga Symington sejak 200 tahun yang lalu.

Jenis-Red-Wine-Yang-Manis-20-Years-Old-Tawny-Port-1
Dow’s 10 Years Old Fine Tawny Port

Variant Dow’s yang paling banyak disukai orang Indonesia adalah Fine Tawny Port. Produk ini adalah entry level alias yang paling murah dibandingkan dengan variant lain. Kandungan alkohol 19%, rasanya seperti perpaduan caramel, almond, kayu manis, cengkeh dan liquorice. Seperti Port wine pada umumnya, Dow’s Fine Tawny Port tahan sampai kira-kira 1 bulan sejak dibuka tanpa mengalami perubahan rasa dan aroma!

Anda yang ingin merasakan manfaat red wine dengan minum segelas wine secara teratur kami sarankan untuk memilih Dow’s Fine Tawny Port.

Variant yang kelasnya lebih tinggi daripada Fine Tawny adalah Late Bottled Vintage. Varian ini baru dirilis ke pasaran antara 4 – 6 tahun sejak disimpan dalam barrel (tong kayu untuk wine). Harganya sekitar Rp 800ribuan saja.

Jenis-Red-Wine-Yang-Manis-30-Years-Old-Tawny-Port
Dow’s 30 Years Olde Tawny Port

Bila anda ingin premium variant dari Dow’s, maka anda bisa pilih Dow’s Aged Tawny Port dengan pilihan 10, 20, dan 30 tahun. Angka tahunnya menunjukkan berapa lama Port ini disimpan dalam barrel sebelum mulai dipasarkan. Semakin besar angka tahunnya, semakin tinggi harganya. Dow’s 30 Years Old Aged Tawny Port bisa anda dapatkan dengan harga sekitar Rp 3jutaan.

Sweet Sparkling Red Wine

Jenis red wine yang manis selain fortified wine adalah Sweet Sparkling Red. Contoh Sweet Sparkling Red yang dimaksud adalah Lambrusco; meskipun sebenarnya tidak semua Lambrusco rasanya manis (hanya yang berlabel “Dolce” yang rasanya manis, yang berlabel “Secco” rasanya tidak manis).

Jenis-Red-Wine-Yang-Manis-Lambruco-Grasparossa
Medici Ermete Lambrusco Grasparossa Dolce

Lambrusco biasanya memiliki rasa yang fruity, tekstur ringan (terasa encer) dan mengandung high acidity. Gelembungnya tidak terlalu banyak dan warnanya merah cerah. Meskipun pada awalnya dibuat di Italia, saat ini sudah banyak negara yang juga memproduksi Lambrusco. Bahkan Indonesia pun sudah lama memproduksi Lambrusco dengan merk Bellissimo Dolce Rosso.

Lambrusco yang paling kami rekomendasikan adalah Medici Ermete dari Piedmont (Piemonte) dari Italia. Medici Ermeta membuat Lambrusco dengan klasifikasi DOC; standard mutu tinggi untuk Italian wines. Di Indonesia, Medici Ermete tersedia dalam 3 varian. Varian yang manis adalah Grasparossa dan Reggiano. Dengan budget di bawah Rp 500,000.- kamu sudah dapat menikmatinya!

Jenis Red Wine Yang Manis Lambruco Reggiano
Medici Ermete Lambrusco Reggiano Dolce

Yang membedakan varian Grasparossa dan Reggiano adalah tekstur dan kandungan alkoholnya. Grasparossa terasa lebih “kental” daripada Reggiano. Kandungan alkohol Grasparossa adalah 9% sedangkan Reggiano 8%. Perbedaan itu membuat sedikit perbedaan rasa karena Grasparossa terasa sedikit lebih hangat daripada Reggiano.

Posted on

Ukuran Botol Wine

Mengapa bentuk dan ukuran botol wine tak selalu sama satu dengan lainnya? Tahukah anda bahwa masing-masing ukuran botol punya nama sendiri?

Perbedaan Bentuk dan Ukuran Botol Wine

Beberapa wine punya ciri khas sendiri dalam bentuk dan ukuran botol yang digunakan. Chianti bagian bawahnya dibungkus anyaman jerami, dengan volume berbeda-beda. Tokaji botolnya agak pendek dengan bagian badan yang agak gemuk, dengan volume 500 ml. Trockenbeerenauslese bentuknya kecil tapi tinggi, dengan volume 37 5ml. Beberapa wine lain juga punya ciri khas sendiri.

Bentuk Botol Wine

Meskipun punya ciri khas masing-masing, hampir semua botol wine memiliki bentuk yang adalah variasi dari salah satu di antara tiga bentuk di bawah ini :

Burgundy

Ukuran Botol Wine Burgundy

Bentuknya agak gendut di tengah. Mulai populer sejak abad XIX karena ternyata bentuk inilah yang paling mudah untuk dibuat.

Pada mulanya bentuk botol ini digunakan untuk Pinot Noir dan Chardonnay dari Burgundy saja. Tapi sekarang bentuk dan ukuran botol wine seperti ini juga digunakan juga untuk red wine lain yang teksturnya mirip dengan Pinot Noir; yaitu Nebbiolo dan Gamay.

Bordeaux

Ukuran Botol Wine Bordeaux

Bentuk ini muncul tidak lama setelah bentuk Burgundy meraih popularitas. Botol ini punya “badan” yang lebih panjang dan “bahu” yang lebih sempit daripada Burgundy. Bentuk seperti ini didesain untuk “menangkap” sedimen (endapan) yang sering terdapat dalam Bordeaux wines yang sudah tua.

Saat ini, bentuk dan ukuran botol Bordeaux 750ml adalah yang paling banyak digunakan di seluruh dunia; baik untuk  red maupun white wine.

Alsace

Ukuran Botol Wine Alsace

Setelah Burgundy dan Bordeaux meraih popularitas, wine maker di Alsace memutuskan untuk membuat bentuk botolnya sendiri. Bentuk botol ini kurus dan tinggi, tidak memiliki “bahu”.

Bila dimuat di atas perahu, bentuk seperti ini lebih hemat tempat daripada bentuk Burgundy atau Bordeaux. (Saat bentuk botol ini diciptakan, moda transportasi utama untuk pengiriman wine dari Alsace adalah perahu sungai yang berlayar melalui sungai Rhine)

Bentuk botol Alsace biasanya digunakan untuk produk-produk khas dari Alsace yaitu Riesling dan Gewurztraminer.

Nama-nama Ukuran Botol Wine

Ukuran Botol Wine

Selain menggunakan salah satu dari bentuk standard di atas (atau variasinya), masing-masing wine juga bisa memiliki perbedaan dari segi ukuran. Nama-nama ukuran botol wine adalah sebagai berikut:

  • 187.5 ml Split: seperempat volume botol standard
  • 375 ml Half: setengah volume botol ukuran standard
  • 500ml Jennie: biasanya digunakan untuk Tokaji, Sauternes dan sweet wine lainnya
  • 750 ml volume botol standard
  • 1.5 ltr Magnum: 2 kali lipat volume botol standar
  • 3.0 ltr Double Magnum: 4 kali lipat volume botol standard
  • 4.5 ltr Jeroboam: 6 kali lipat volume botol standard
  • 6.0 ltr Methuselah/Imperial: 8 kali lipat volume botol standard
  • 9.0 ltr Salmanazar: 12 kali lipat ukuran volume standard (setara dengan volume 1 lusin botol wine)
  • 12.0 ltr Balthazar: 16 kali lipat volume botol standard
  • 15.0 ltr Nebuchadnezzar: 20 kali lipat volume botol standard
  • 18.0 ltr Melchior: 24 kali lipat volume botol standard (setara dengan volume 2 lusin botol wine)
  • 27.0 ltr Primat/Goliath : 36 kali lipat volume botol standard (setara dengan volume 3 lusin wine)
  • 30.0 ltr Melchizedek/Midas: 40 kali lipat volume botol standard

Dari antara ukuran tersebut di atas, yang paling umum di Indonesia adalah Half, Jennie, Standard dan Magnum.